Sabtu, 24 Maret 2012

ringkasan buku


BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang masalah
Mempelajari dan membaca buku Anatomi Fisiologi struktur tubuh manusia di kenal sebagai pelajaran yang kering, membosankan dan kurang menarik. Padahal di sisi lain mempelajari Anatomi Fisiologi sangatlah bermanfaat sekali bagi para pelajar ilmu perawatan tetapi juga bagi mahasiswa kedokteran  dan sekolah-sekolah umum sebagai pelengkap pendidikan ilmu biologi dan ilmu kesehatan.
Sebenarnya mempelajari Anatomi fisiologi khususnya bagi mahasiswa kesehatan sangatlah penting karena pelajaran tersebut adalah sebagai modal dasar dalam\ menghadapi para klien di lingkungan pekerjaan.
Banyaknya anggapan bahwa mempelajari Anatomi fisiologi itu membosankan perlu segera di tepis. Hal ini perlu di lakukan guna menumbuhkan keinginan para mahasiswa untuk menjadi tenaga ahli kesehatan yang handal. Masalahnya sekarang sampai saat ini buku panduan mempelajari Anatomi fisiologi yang benar-benar detail dan menarik di baca masih sulit untuk di temukan. Padahal buku seperti itu sangatlah membantu bagi para mahasiswa. Karena para mahasiswa lebih tertarik untuk membaca buku pelajaran yang detail dan menarik untuk di bacanya.
Problema di atas perlu segera di pecahkan. Salah satu langkah yang dapat di tempuh adalah adanya sebuah buku Anfis yang dapat menyajikan bacaan tentang stuktur bagian tubuh manusia yang di lengkapi gambar yang lebih dari 200 gambar yang berfungsi sebagai bahan ilustrasi, sehingga anatomi fisiologi menjadi begitu memikat. Gambar-gambar sederhana tapi tepat akan mengantar para mahasisiwa mencapai sasaran pembelajaran anatomi fisiologi. Sekait dengan kenyataan tersebut, buku berjudul Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis karya Evelyn C. Pearce bisa menjadi solusi alternatif.
Buku ini di terbitkan pada tahun 2002 oleh Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Buku yang tebalnya 424 halaman ini termasuk buku yang banyak di cari oleh para pelajar dan pengajar. Hal ini cukup terbukti banyak peminatnya, sehingga telah sering mengalami cetak ulang. Buku Anatomi Fisiologi untuk Paramedis karya Evelyn C. Pearce terdiri atas 26 bab yang berisi lengkap seluruh struktur bagian tubuh manusia.
Sejalan dengan kenyataan di atas, buku karya Evelyn ini merupakan salah satu buku untuk di pelajari. Oleh sebab itu, penulis tertarik melakukan pengkajian terhadap isi buku tersebut yang hasilnya penulis susun dalam bentuk laporan buku.


B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis mengajukan beberapa rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apa saja isi buku Anatomi Fisiologi, karya Evelyn C. Pearce?
2.      Apa saja keunggulan buku tersebut di bandingkan buku sejenisnya yang lain?

C.    Tujuan
Tujuan yang hendak di capai melalui menulis buku laporan ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan :
1.      Isi buku Anatomi Fisiologi karya Evelyn C. Pearc ;
2.      Keunggulan buku tersebut di bandingkan buku sejenisnya ;

D.    Kegunaan
Laporan buku ini di harapkan mampu memiliki kegunaan baik secara teoritis maupun secara praktis. Secara teoritis di harapkan laporan buku ini bisa menambah pengetahuan tentang anatomi struktur tubuh manusia.Secara praktis di harapkan laporan buku ini menambah pengetahuan, wawasan dalam menerapkan di lahan praktek.



BAB II
RINGKASAN ISI BUKU DAN PEMBAHASAN
A.    Ringkasan Isi Buku
Buku berjudul Anatomi Fisiologi untuk paramedis karye Evelyn C. Pearce terdiri dari 26 bab. Pda setiap bab nya di kemukakan secara jelas tentang segala struktur dalam tubuh manusia. Keseluruhan bab dalam buku ini merupakan petunjuk yang jelas yang di sajikan secara ringkas tentang struktur tubuh manusia. Secara lebih terperinci buku tersebut dapat penulis uraikan sebagai berikut.
Penulis menguraikan tentang pengantar pada tubuh manusia dari mulai ilmu anatomi, fisiologi yang di jelaskan secara terperinci di sertai dengan contoh nya, juga menguraikan berbagai sistem dalam tubuh, cairan tubuh, sel pada jaringan. Dalam hal-hal tadi di uraikan menjadi bahasan tentang anatomi permukaan, di mulai permukaan kepala, batang leher, batang tubuh, sampai ke bagian kaki.
Penulis juga menguraikan tentang sistem kerangka-tulang tengkorang dan rangka dada. Yang isinya menjelaskan tentang klasifikasi tulang dari mulai tengkorak, tulang wajah, serta rangka dada.
Dalam buku ini karya Evelyn menjelaskan secara jelas tentang sistem tulang belakang dna tulang panggul, kerangka anggota atas, kerangka anggota gerak bawah, sendi atau persambungan pada kerangka, otot pada kerangka, sistem peredaran, darah, pembuluh-pembuluh darah utama, sistem saluran limpe, limpa dan sistema retikulo-endoterium, klasifikasi bahan makanan, saluran pencernaan dan pencernaan makanan, gati, kandung empedu dan pankreas, sistem pernafasan , metabolisme, organ eddokrin, kulit, sistem urinari, organ-organ sistem reprodukso (pengembangbiakan), susunan syaraf pust, sistema syaraf otonom, indra pengecap dan pencium, panca indra:mata dan penglihatan, panca indra:telinga dan pendengaran.

B.     Pembahasan
            Penulis menuangkan tulisannya untuk menguraikan hal-hal tadi di atas agar si pembaca bisa memahami isi dari buku ini dan untuk memperjelasnya si penulis tidak lupa memberikan contoh-contoh serta gambar-gambar dari setiap bahasan yang di kemukakan.
            Dari bahasan tersebut pengarang mengungkapkan semua bahasannya dan menyampaikannya melalui tulisan kepada pembaca untuk di pahami dengan jelas dan merupakan sebuah komunikasi secara tidak langsung antara si penulis dengan yang membacanya. Sebuah tulisan tersebut di buat untuk di pahami maksud dan tujuannya sehingga proses yang di lakukan si penulis tidak sia-sia.
            Buku karya Evelyn ini yang berisi 26 bab, berisi seluruh struktur tubuh manusia dari pengan tar pada tubuh manusia, seluruh kerangka tubuh, organ-organ dalam manusia, persyarafan, sampai panca indar manusia.
            Buku karya Evelyn ini sudah di kenal di kalangan pengajar pada pendidikan perawat, karena pendekatannya yang menyeluruh. Membicarakan anatomi yang sekaligus dengan faal dari bagian dari bagian yang di bicarakan, kemudian di lengkapi dengan kepentingan pengetahuan itu dalam praktek merawat penderita di ruangan.
            Tetapi selama ini hanya para pengajar yang dapat memanfaatkan buku ini, karena hanya yang berbahasa inggris yang tersedia .Itu pun sulit mencarinya di toko-yoko buku indonesia. Dengan di terjemahkannya buku ini ke dalam bahasa indonesia, maka baik para pengajar maupun para pelajar dapat menikmati manfaatnya.Bagi para pengajar juga akan lebih mudah karena perluasan kesempatan membaca ini akan mengurangi beban persiapan dari fihaknya.
            Dalam keadaan dimana buku-buku untuk pendidikan perawat kurang memadai, buku ini akan banyak membantu. Dan sebenarnya, buku ini tidak hanya dapat di pergunakan oleh para pelajar ilmu perawatan saja, tetapi juga bermanfaat bagi mahasiswa kedokteran sebagai penambah pengetahuan praktis perawatan, dan juga bagi sekolah-sekolah umum sebagai pelengkap pendidikan ilmu hayat dan ilmu kesehatan.
            Kekurangan yang terjadi akibat cara penerterjemahan dan pengindonesiaan istilah mudah-mudahan dapat di manfaatkan, karena harus kita akui bahwa memang belum ada keseragaman dalam penggunaan istilah-istilah kedokteran dalam bahasa indonesia.
            Walaupun buku karya Evelyn C Pearc banyak kelemahannya, tetapi menurut penulis dapat di jadikan pedoman dasar bagi para perawat.Isi dari buku ini sangatlah bermanfaat guna memperdalam keahlian para perawat, untuk para pelajar kesehatan pemula di sarankan untuk memperdalam isi buku ini dengan banyak membaca dan mempraktekannya.
BAB III
SIMPULAN DAN SARAN

A.    Simpulan
Berdasarkan uraian singkat isi buku dan pembahasan pada sebelumnya, penulis dapat menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut :
1.      Pelajaran anatomi fisiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang susunan tubuh serta fungsi dari hubungan bagian-bagian nya satu sama lain.
2.      Buku ini berisi tentang seluruh bagian tubuh serta organ-organ yang ada di dalam tubuh manusia.
3.      Buku Evelyn ini terjemahan dari bahasa inggris ke indonesia, sehingga buku ini dapat di manfaatkan oleh para pengajar dan para pelajar ilmu keperawatan.
B.     Saran
1.      Buku ini memiliki banyak keunggulan di banding dengan buku lainnya. Oleh sebab itu, buku karya Evelyn ini dapat di gunakan sebagai pedoman awal yang harus di baca dan praktekan oleh para pelajar keperawatan pemula.
2.      Para pelajar pemula yang ingin mengetahui uraian tentang susunan tubuh manusia dan hubungan antar bagiannya juga tentang fungsi dan kerja tubuh manusia, di anjurkan untuk membaca buku lain yang sejenis guna menambah wawasan.




DAFTAR PUSTAKA
1.      Abidin yunus, (2010) Kemampuan menulis dan berbicara akademik. Bandung:Rizqi Press
2.      Raharjo S, (1979) Anatomi dan Fisiologi untuk Paramadis. Jakarta:Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar